Review Free Cloth diapers (Clodi Free)

free cloth diapers

Free Cloth Diapers (Clodi) – Hai semua… Postingan kali ini aku menulis tentang barang kebutuhan bayi yaitu cloth diapers (clodi). Merupakan popok kain modern yang dirancang menggunakan bahan kain tertentu. Sehingga  praktis digunakan sehari – hari. Serta memiliki daya serap tinggi seperti popok sekali (Disposabel Diapers) pakai. Clodi ini penggunaannya dapat diatur ukuran nya dari new born hingga balita.

Cloth Diapers VS Disposabel Diapers

Cloth Diapers ini sendiri berbeda dengan popok kain newborn biasa yang berbentuk selembar kain dan biasanya dipakai dengan cara diikat. Karena popok tersebut tidak memiliki daya serap dan harus langsung diganti saat bayi BAK ataupun BAB. Sedangkan clodi ini memiliki daya serap tinggi menampung hingga 100 – 250 ml cairan. Dan dapat diganti sekitar 4 jam sekali seperti layaknya popok sekali pakai. Namun, berbeda dengan popok sekali pakai yang harus langsung dibuang. Clodi ini dapat di cuci dan dipakai lagi saat sudah kering dan bersih kembali. Sehingga lebih hemat biaya dan ramah lingkungan, karena tidak mengotori lingkungan dengan tumpukan popok bekas pakai.

 Fyi, popok sekali pakai itu tidak bisa hancur dalam waktu singkat lo… Popok sekali pakai ini membutuhkan waktu sekitar 250-500 tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah.

Apa itu clodi free ?

Free cloth diaper atau clodi free adalah sebuah cloth diaper merk Indonesia. Yang memiliki kualitas yang sangat bagus dengan harga yang murah dibandingkan dengan clodi merk import. Clodi free ini diproduksi di kecamatan sukun, malang, jawa timur. Dan dipasarkan oleh para markerter yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga melalui media sosial mereka. Aku sendiri pertama kali mengenal clodi ini melalui salah satu teman facebook yang menjadi markerter popok ini. Setelah kepo dengan berbagai informasi yang ditulisnya tentang clodi ini. Akupun mencoba untuk membeli clodi ini untuk anakku, saat anakku berusia 4 bulan. Dan alhamdulilah clodi ini masih awet sampai sekarang usia anakku yang hampir 3 tahun.

 

Kualitas daya serap

Menurut ku selama pemakaiannya, clodi free ini Memiliki daya serap yang baik dan menurut klaim nya dapat menampung cairan 200ml. Aku sendiri menggunakan clodi free ini dapat dipakai menampung pipis anak hingga 4 jam lebih setiap pemakaiannya. Selain itu menurut yang aku rasakan clodi ini sesuai klaim nya, kalau Sifat insert nya semakin baik daya serapnya dengan semakin sering dicuci.

Untuk setiap pembeliannya, free cloth diaper ini kita akan mendapatkan 1 buah cover clodi dan 2 buah inner insert yang di packaging dengan menggunakan kotak karton berwarna biru, yang terdapat aturan pakai dan cara penggunaan clodi yang cukup lengkap, sehingga para pengguna clodi tidak kebingungan dan mendapatkan edukasi tentang clodi ini, terutama bagi pengguna pemula.

Material bahan

Free cloth diaper ini dibuat dengan bahan berkualitas, sehingga sangat nyaman untuk dipakai oleh bayi hingga balita. Adapun bahan dari clodi ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Cover bagian luar terbuat dari bahan katun motif pilihan. Dikarenakan bahan katun merupakan salah satu bahan yg tahan terhadap cuaca, terasa adem saat dipakai
  2. Cover bagian inner terbuat dari bahan flecee, lembut dan cepat kering setelah dilewati cairan pipis, sehingga nyaman buat kulit bayi.
  3. waterproff jas baby, terbuat dari bahan plastik yang lembut dan anti bocor/sehingga  aman untuk dipakai tiap hari
  4. insert terbuat dari bahan cotton towel atau handuk katun, berbentuk segi empat bahan tersebut merupakan bahan alami dari serat katun.

free cloth diapers

Jenis dan variasi

Free cloth diaper ini memiliki  3 varian yang terdiri dari :

  • pertama clodi free tipe Velcro/rekatan untuk bb 3-15 kg.
  • kedua clodi free tipe snap/kancing untuk bb 3-15kg.
  • ketiga clodi free tipe pant/celana untuk bb 7-20kg.

Baca Juga : Review Earmuff EMs For Kids

Cara menggunakan

Menggunakan free cloth diaper sangatlah mudah, sama saja dengan menggunakan popok sekali pakai. Namun bedanya popok ini dapat dicuci  dan digunakan kembali, tidak seperti popok sekali pakai yang langsung dibuang ketika sudah kotor.

Adapun beberapa langkah yang dilakukan dalam pemakaian clodi free ini adalah :

  1. Lipat kain insert sesuai garis tengah
  2. Masukan insert kedalam cover
  3. Rapikan clodi agar insert tidak menggumpal dan semua kain clodi rapi.
  4. Pasangkan clodi pada bayi atau balita seperti pemasangan popok sekali pakai.

free cloth diapers indonesia

Kelebihan

Menurut aku pribadi yang menggunakan clod free ini untuk anakku, clodi ini memeiliki beberapa kelebihan yaitu :

  1. Memiliki harga yang murah dan terjangkau.
  2. Terbuat dari bahan berkualitas.
  3. Tidak bocor dalam penggunaan 4 – 6 jam.
  4. Sangat mudah dicuci dan sangat mudah membersihkan kotoran.
  5. Tidak mudah bau apek. Walau tidak dijemur dibawah matahari saat musim hujan.
  6. Jika ada sisa noda di clodi membandel, dapat langsung hilang jika dijemur di bawah matahari langsung.
  7. Insert cepat kering, karena dibuat dengan jahitan yang melebar.
  8. Awet dipakai hingga bertahun – tahun.
  9. Dikemas dengan Kemasan kotak yang penuh dengan informasi penting dalam penggunaan clodi free.
  10. Memiliki markerter yang ramah, informatif dan mengajarkan semua tentang clodi free dengan detail.

Baca Juga : Review Cuddle Me Lite Carier

Kekurangan

Jujur selama penggunaan nya aku masih bingung apa yang menjadi kekurangan dari clodi ini, karena memang clodi ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Namun, jika dibandingkan dengan popok sekali pakai, popok ini memilik kekurangan dalam hal sedikit membuat repot dalam hal mencuci dan kurang ringkas digunakan saat traveling ataupun menginap diluar rumah.

free cloth diapers indonesia

Harga

Clodi free memiliki 3 macam varian yang memiliki harga yang berbed, yaitu :

Pertama Tipe Velcro/rekatan : Rp. 45.000,-

Kedua tipe snap/kancing : Rp. 45.000,-

Ketiga tipe pant/celana : Rp. 55.000,-

Kesimpulan

Menurutku, dengan harga yang bisa dibilang murah, free cloth diapers ini memiliki kualitas yang sangat bagus, setara dengan clodi merk import yang berkali lipat lebih mahal. Free Cloth Diapers ini sangat pantas untuk dibeli, karena clodi ini sangat awet untuk dipakai bertahun – tahun. Dengan mengunakan clodi ini kita dapat menghemat banyak uang dan juga ikut melestarikan lingkungan dengan tidak menjadi salah satu penyumban sampah popok.

Terimakasih sudah membaca

See you

putri haneen dot com

15 thoughts on “Review Free Cloth diapers (Clodi Free)”

  1. Aku dulu sempat kepikiran mau pakai clodi buat anakku nanti tapi akhirnya sadar diri dengan kondisi yang Bekerja pastinya sulit untuk mengkondisikannya. Akhirnya yah pakai pospak deh. Heu

  2. Whoaaah, baru tahu saya kalau popok sekali pakai membutuhkan waktu selama itu untuk terurai. Nanti saya coba pakaikan clodi juga deh buat anak saya. Semangat go green XD

    1. saya belo di teman saya mba, yang menjadi marketer resmi clodi free… mba bisa juga mencari di facebook markerter resminya. biasanya mereka mengiklankan clodi free setiap harinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top