Perawatan Gigi dan Mulut Pada Anak Pengguna NGTube

perawatan gigi anak NGtube

Perawatan Gigi Anak Pengguna NGTube – Hai semua…. postingan kali ini aku menulis tentang caraku merawat gigi dan mulut anakku. anakku ini kondisinya sebagai pengguna Nasogastric tube (NGTube). Bagi anak – anak biasa, makanan akan masuk melalui mulutnya. Dengan Proses dikunyah lalu ditelan. Namun, tidak demikian dengan anak – anak pengguna NGTube. Mereka makan melalui selang NGTube yang dimasukan melalui hidung sampai lambung. Baik itu makanan berupa susu maupun bubur yang dibuat sangat halus. Sehingga mulut mereka tidak dimasuki oleh makanan atau minuman sesering anak lain pada umumnya.

Ada yang mempunyai anak yang menggunakan NGTube seperti anak ku?Acung tangan….

Walaupun, bisa dibilang mulut dan gigi anak pengguna NGTube bersih dari makanan. namun, bukan berarti Mulut mereka dibiarkan saja dan tidak dibersihkan. Seperti anak pada umumnya mereka juga harus harus rutin menyikat gigi. Pada dasarnya mulut dan gigi anak pengguna NGTube juga wajib dibersihkan. Karena jika tidak dibersihkan mulut akan berbau tidak sedap. Selain itu jika tidak dibersihkan setiap hari, dapat membentuk plak dan karang pada gigi anak pengguna NGTube.

Kok bisa? Kan mereka g makan dan minum melalui mulut.

Tentu bisa dong. Walaupun anak tidak makan dan minum melalui mulut, namun seringkali anak pengguna NGTube mengalami muntah. Hal tersebut menyebabkan makanan dari lambung keluar melalui mulut dan giginya menjadi kotor. Bahkan jika tidak dibersihkan secara teratur, sisa makanan hasil muntahan tersebut akan lebih cepat menyebabkan plak dan karang pada gigi. jika dibandingkan dengan makanan biasa. karena cairan muntah tersebut selain mengandung zat makanan juga mengandung asam lambung yang sangat asam, dan dengan mudah dapat merusak gigi.

Baca Juga : Taukah kamu, tentang Lissencephaly?

Pentingnya membersihkan gigi susu anak

Beberapa Beberapa orang tua, ada yang menganggap tidak terlalu penting membersihkan gigi anaknya, mereka berfikir toh giginya bakal tanggal juga berganti dengan gigi yang tetap. Namun, proses tumbuhnya gigi tetap tersebut ternyata juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan gigi susu anak sewaktu balita

“Ngapain sih gigi balita dibersihin teratur, kesian dia kalau dipaksa. Percuma juga dibersihin setiap hari, nanti giginya akan tanggal juga lalu tumbuh gigi baru.”

Kalian pernah tidak mendengar opini tersebut. Kalau aku sendiri beberapa kali pernah mendapatkan opini tersebut, bahkan pernah dari kalangan orang terdekat sendiri. Hal tersebut kemungkinan karena kurangnya pengetahuan mereka tentang perawatan gigi pada anak. Terkadang aku sendiri memberikan penjelasan dan sedikit pengetahuan dasar tentang merawat gigi anak. Namun, apabila orang tersebut tetap pada argumen nya, ataupun memiliki argumen sendiri lainnya, aku tidak memperpanjang bahasan tersebut.

Menurut temanku, seorang perawat gigi mengatakan bahwa, “Kalau gigi susu tidak dirawat, bisa rusak dan membuat sakit. hal tersebut  akan mengakibatkan anak susah makan. sehingga dapat mengganggu pencernaanya. Selain itu Kalau gigi susu anak tidak dilakukan perawatan yang benar, maka akan membuat gigi tersebut mengalami kerusakan seperti karies dan penumpukan karang gigi. hal tersebut   membuat gigi rapuh dan bergoyang sebelum waktunya. nantinya akan berdampak pada gigi tetap yang tumbuh akan tumpang tindih. karena tempat gigi yang dicabut pada gusi tersebut dapat ditempati gigi lain.”

Cara membersihkan gigi dan mulut pada anak pengguna NGTube

Melakukan kegiatan membersihkan gigi anak merupakan suatu kegiatan yang dibilang susah susah gampang. Dikarenakan kondisi mood anak yang berubah – ubah. selain itu tingkat kesulitannya tidak dapat disamakan antara satu anak dengan anak lainnya. Untuk anakku sendiri terkadang dia bisa ngamuk sampai pukul – puluk aku, Saat aku berusaha membersihkan mulutnya. terkadang pula dia sangat kooperatif dan sambil tertawa kecil saat ku gosok giginya.

Setiap harinya, aku hanya membersihkan gigi mulut dan anakku satu kali sehari saja, pada pagi hari selesai mandi. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam membersihkan area mulut anak pengguna NGTube. yaitu anak tidak bisa berkumur, area mulut yang sensitif, rentan muntah dan gerakan random yang tiba tiba.

Baca Juga : Tentang Lennox-Gastaut Syndrome

anak tidak bisa berkumur

Hal ini merupakan yang pasti terjadi pada setiap anak pengguna NGTube. masalahnya tidak hanya sampai disitu mereka juga kesulitan menelan. sehingga jika tertelan air saat proses pembersihan gigi dan mulut mereka, kemungkinan besar mereka dapat tersedak. Sedangkan, untuk membersikan giginya kita menggunakan air untuk membilas dan membersihkan sisa pasta gigi yang ada dimulutnya. Aku sendiri memiliki beberapa cara untuk membersihkan giginya dengan air tanpa membuatnya tertelan air dan tanpa membuatnya harus berkumur.

Biasa setelah aku gosok giginya menggunakan sikat gigi basah dan pasta gigi. kemudian langsung aku lap sisa pasta gigi yang ada dimulutnya dengan menggunakan Waslap hingga bersih. Lalu aku celupkan oral swap pada air hangat. Untuk aku gosokan perlahan oral swap diseluruh bagian mulutnya. Agar mulutnya bersih dan tidak ada sisa pasta gigi yang menempel. Dan terakhir aku keringkan lagi dengan waslap.

area mulut yang sensitif

Setiap anak pengguna NGTube bisanya mengalami hipersensitif pada area mulut. hipersensitif tersebut membuat orang tua lebih sulit dalam membersihkan gigi anak. Jangankan dimasukan benda kedalam mulutnya, ada benda yang akan menuju mulutnya saja membuatnya kaget dan menutup mulut. Hal serupa tidak hanya terjadi pada proses gosok gigi. Namun, untuk semua benda apapun yang akan dimasukan ke mulutnya. Sehingga kita sebagai orang tua harus ekstra bersabar dalam proses membersihkan gigi dan mulut anak. Pengalaman aku sendiri selama merawat anakku yang menggunakan NGTube. Proses pembersihan gigi dan mulut ini dapat membuat hiperensitif mulut si anak berkurang. Asalkan dilakukan dengan penuh cinta dan kelembutan. Namun, pernah ketika aku sakit, anakku tidak gosok gigi beberapa hari, mulutnya kembali sensitif dan susah untuk dibersihkan.

Sangat rentan  muntah

Anak pengguna NGTube, memang lebih rentan muntah dibandingkan dengan anak lain nya. hal ini dikarenakan ada benda asing yang berada di area hidung, tenggorokan dan lambungnya. Ditambah dengan hipersensitif pada mulutnya, menyebabkan dia sangat rentan muntah. Sehingga agar anak tidak muntah, kita jangan membersihkan gigi anak kurang dari satu jam setelah selesai pemberian nutrisi pada anak.  Karna jika tidak, akan dapat memicu anak muntah dan mengeluarkan semua isi lambung.

Gerakan random yang tiba – tiba

Pada anak pengguna NGT yang mengalami kelainan bawaan ataupun kerusakan pada otak. Biasanya mengalami spastik dan gerakan tangan dan kaki yang tidak terkontrol dengan baik. Sehingga mengharuskan orang tua untuk harus ekstra berhati – hati dalam proses membersihkan gigi dan mulut. Karna akan bahaya sekali jika saat sikat gigi sedang ada dimulut, tiba – tiba anak memukul atau menepis tangan kita. Aku sendiri selalu membedong anakku dengan sarung milik abinya, saat akan membersikan gigi dan mulutnya. Agar mempermudah aku mengerjakan prosesnya.

Langkah -langkah membersihkan gigi

Sekarang kita lanjut bagaimana langkah membersihkan gigi dan mulut anak pengguna NGTube. Setiap urutan langkahnya mungkin setiap orang berbeda, disini aku mencoba menuliskan seperti yang aku kerjakan sehari – hari untuk anakku.

  1. Membedong anak dengan rapi. Untuk menghindari gerakan random yang tiba – tiba.
  2. Merendam sikat gigi keair, lalu mengoleskan sedikit pasta gigi.
  3. Menyikat gigi dengan perlahan, dari gigi bagian depan menuju gigi bagian belakang kanan dan kiri,
  4. Tahan lidahnya dengan tonge spatel kayu, agar tidak mengarah menutupi gigi saat proses menyikat gigi.
  5. Membersihkan sisa pasta gigi dimulut dengan waslap kering, agar semua cairan dimulut diserap waslap terebut.
  6. Mencelupkan oral swab keair hangat, lalu menggoleskan nya ke seluruh area mulut. Keringkan mulut dengan waslap kering, jika masih ada air yang banyak didalam mulut, agar anak tidak tersedak.
  7. Membersihkan lidah dengan kasa steril yang dicelup ke air hangat jika lidah tidak terlalu kotor. Namun, jika ada sisa susu karna muntah menempel dilidah. Maka lidah dibersihkan dengan menggunakan silikon pembersih lidah yang dipakai di jari kita.
  8. Lepaskan bedongan, bersihkan alat, keringkan alat yang basah, simpan peralatan agar selalu bersih.

Peralatan untuk merawat gigi dan mulut

  1. Sikat gigi dan Pasta Gigi

pigeon perawatan gigi

Sikat gigi dan pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi anak adalah yang diperuntukan khusus untuk anak. untuk sikat gigi ini masing – masing orang  tua memiliki pilihan merk masing – masing. aku sendiri memilih sikat gigi pigeon 3 step ini. karena sikat gigi ini selain untuk membersihkan gigi anakku juga digunakan untuk terapi wicara oleh terapisnya.

kasa dan Silicone Finger Toothbrush

kasa steril dan silicon lidah
keduanya aku gunakan untuk membersihkan lidah anakku. perbedaan dari keduanya adalah jika lidah terlihat bersih, aku membersihkan lidahnya dengan menggunakan kasa. Namun, jika dilidahnya ada banyak kotoran berwarna putih maupun ada banyak lendir kotor bekas muntah yang menempel. aku menggunakan silicone finger toothbrush untuk membersihkannya.

Tongue Spatel kayu

tonge spatel kayu

Alat ini digunakan untuk menahan lidah anak saat kita membersihkan gigi. Bertujuan agar lidahnya tidak menutupi kearah gigi yang kita bersihkan. selain itu alat ini juga digunakan saat terapi wicara untuk melatih kekuatan bibirnya.

Waslap dan Oral Swap

Oral Swab dan waslap

Seperti yang aku tulis diatas bahwa anakku tidak dapat menelan dan berkumur – kumur. Sehingga aku menggunakan 2 alat ini untuk membersihkan dan membilas mulutnya dengan air hangat. Sesaat setelah menyikat giginya dengan pasta gigi.

Membersihkan gigi anak pengguna NGT (Nasogastric Tube) memang memiliki tantangan tersendiri, namun, jika dijalani dengan bahagia semuanya akan lebih mudah. Kebersihan gigi dan mulut anak sendiri sangatlah penting untuk anak baik dari segi kesehatan pencernaan maupun dari segi astetik penampilan anak. Sekian dulu tulisanku kali ini, jika ada yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

semoga bermanfaat.
See you

20 thoughts on “Perawatan Gigi dan Mulut Pada Anak Pengguna NGTube”

  1. Waah sebelumnya aku blm pernah kepikiran masalah ini.
    Tapi bener juga sih. Karena biarpun menggunakan selang untuk aktivitas makan. Tapi kebersihan mulut memang hal yang penting untuk anak.
    Btw apa sih yang paling susah pas bersihin gigi Haneen?

    Salam yaaa buat Haneen. Semoga selalu sehat dan ceria aamiin

    1. Menurutku yang paling susah saat membersihkan gigi haneen itu membuat mulutnya tetap tebuka. Karena haneen itu mulutnya hipersensitiv.

      Aamiin … Makasih mba, sudah disampaikan salamnya ke haneen.

  2. Terima kasih sharingnya sangat bermanfaat, bisa digunakan untuk bekal masa depanku kelak. Hahahha

    Aku liat postingan ini malah salfok sama peralatan sikat giginya, lucu lucu banget ukurannya mini hahaha

  3. Aku banget nih saran diatas itu. Sering dapet dr sekelilingku. Mrk bilang itu kan cm gigi susu gak papa bs ganti. Tp efek gigu susu yg rusak ini bikin nangis. Salah satunya gigi berlubang yg gak bs ditambal lg krn parah lubangnya.. Kan kan jd curhat

  4. Ini memang harus benar2 telaten ya mbak, akupun meski anak gak pake NGT termasuk yg concern banget soal gigi ini meskipun masih gigi susu. Aku baru tau kalo pake NGt ternyata begini caranya

  5. Artikel ini benar-benar membantu sih buat para ortu yg mengalami hal sama dengan mbak Putri ternyata melakukannya susah-susah gampang ya ini. Semangat terus mbak Putri.

  6. Makasih infonya…mau tnya mb kalo perekat selang yg d wajah pake apa…anaku sllu iritasi d hidung kalo.pake plester mohon infonya mb

    1. terimakasih kembali, untuk perekatnya pada bagian pipi saya menggunakan ultrafix, karena lebih soft dan tidak membuat iritasi. namun, ultrafix itu tidak kuat merekatnya.
      sedangkan pada bagian leher belakang telinga, saya menggunakan hypafix yang dipotong kecil 1x3cm. hypafix merekat sangat kuat dikulit, jadi saya menggunakan nya kecil saja untuk menahan agar selangnya tidak mudah lepas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top